Jumat, 12 November 2010

yang terbaru dari Wahidin 54

berikut yang terbaru dari Wahidin 54 :

1. Dapur umum Lingkarmuda Caturharjo, Medari, Saat ini melalui Didin/Dian Lingkarmuda membantu menopang kebutuhan sekitar 5049 pengungsi di Desa Caturharjo, Medari, Sleman. Pengungsi tersebar di 11 titik di desa tersebut. Saat ini dapur umum dikoordinir Mbak Didin bekerjasama dengan TAGANA Bandung dan pemerintah desa setempat. Dapur umum ini memproduksi 15.000 nasi bungkus setiap hari. Saat ini Lingkarmuda sedang mengusahakan pendirian dapur-dapur umum di titik-titik pengungsian di sana. Kebutuhan utama daerah dampingan kami saat ini adalah : alat-alat masak ukuran massal, logistik (beras pemerintah baru turun 700 kg untuk 5049 pengungsi), gula, teh, lauk pauk, sayuran, makanan asupan gizi untuk anak, gayung air, tetes mata, penyegar ruangan.

2. Lingkarmuda Sawangan/Mertoyudan berakhir. Karena berbagai perkembangan dan kesulitan di lapangan Lingkarmuda Sawangan/Mertoyudan yang dahulu dikoordinir Mbak Oka berakhir pada 11 November 2010 lalu. Untuk selanjutnya karya Lingkarmuda di dua kecamatan (Muntilan dan Mertoyudan) bekerjasama dengan pos PNPM Mandiri di bawah koordinasi Mbak Yustina Tri Wahyuningsih.

3. Kerjasama Lingkarmuda dan Posko PNPM Mandiri, untuk wilayah Mertoyudan, Muntilan, dan Sawangan. Melanjutkan komitmen pendampingan di kawasan ini, Lingkarmuda bekerjasama posko PNPM Mandiri untuk melakukan assesment dan pendistribusian kebutuhan para survivors. Saat ini jaringan dampingan PNPM Mandiri mencakup 18 desa di dua kecamatan, lengkap dengan jaringan bidan desa yang mereka ampu sebelum bencana.

4. Trauma Healing dan Pendampingan Belajar Anak : Lingkarmuda bekerjasama dengan Mata Air (untuk daerah dampingan Medari) dan Tlatah Bocah (Muntilan) untuk mulai menggarap trauma healing dan pendampingan belajar khususnya pada anak-anak.

5. Distribusi : Distribusi masih terus dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan assesment atas data yang masuk. Daerah pengungsian yang selama ini cukup terabaikan dan perlu mendapat perhatian khusus adalah : kawasan Borobudur dan sekitarnya: Argodadi, Sedayu, dan daerah perbukitan Dlingo, kabupaten Bantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar